BLOG



Di zaman informasi dan teknologi ini, memiliki blog adalah hal biasa dan wajib adanya. Anda wajib memiliki blog karena banyak manfaat blog yang bisa anda raih. Dengan pengelolaan yang baik atas blog yang anda buat, anda akan bisa meraih berbagai manfaat blog tersebut. Berbagai Manfaat Blog
Ada banyak manfaat yang bisa anda peroleh dari blog baik itu anda sadari maupun tidak. Banyak orang yang telah memanfaatkan keterbukaan blog untuk berbagai keperluan. Berikut ini adalah beberapa manfaat blog yang bisa anda petik:


1. Media Aktualisasi Diri
    Kebutuhan manusia adalah to be recognized – untuk di akui kehadirannya, untuk di perhatikan. Untuk menunjukan siapa dirinya. Apa yang dipikirkannya, apa yang menjadi perhatianya, apa yang menarik untuknya, apa yang disenanginya, apa yang dibencinya, apa pemikirannya dan apa yang diinginkannya. Dan blog mampu memfasilitasi hal tersebut, dalam skala jangkauan yang mendunia. Dengan blog (dan dukungan berbagai web app di world wide web) seseorang kini dapat mengaktualisasikan dirinya dalam berbagai media (text, image, graphic, video, audio, slide presentasi, dll) yang bisa diakses oleh ‘semua orang di penjuru dunia yang terhubung ke jaringan internet’.

2. Personal Branding
Perusahaan  dapat memanfaatkan blog untuk menarik perhatian pelanggan tentang suatu  produk yang akan diluncurkan. Perusahaan dapat membuat serangkaian  tulisan yang menarik dan undang sebanyak-banyaknya pelanggan untuk ikut  berkomentar. 
Personal Branding atau self positioning, memposisikan diri anda berdasarkan apa yang dapat anda lakukan, membuat orang teringat akan anda ketika mereka dihadapkan terhadap topik tertentu adalah sesuatu hal yang sangat vital di dunia modern ini. Dengan blog dan strategi yang tepat anda dapat memberitahu semua orang di dunia (yang terhubung ke dalam jaringan internet, tentunya) apa keahlian anda dan mengapa mereka harus mengontak anda ketika mereka teringat akan satu masalah yang harus di selesaikan.

3. Media Promosi
Blog  dapat digunakan untuk mem-publish pengumuman, berita, acara, artikel  maupun produk baru. Melalui blog, pelanggan dapat dengan mudah  mengetahui perkembangan terkini perusahaan dan juga produk-produk  terbarunya. Pelanggan juga dapat memberikan komentar, tanggapan atau  masukannya terhadap perusahaan, baik mengenai produk, management maupun  pelayanan yang diberikan.


Blog ditempatkan di jaringan internet. Dengan strategi yang tepat anda bisa mendatangkan para pengguna internet ke blog anda dan membuatnya membaca apa yang anda promosikan.
Salah satu contoh perusahaan  yang sukses menggunakan blog untuk sarana komunikasi dengan pelanggan  adalah Google. Melalui blog resminya, http://googleblog.blogspot.com/,  Google menyajikan berita dan perkembangan terkini dari Google termasuk  acara, kegiatan, produk baru, penambahan fitur produk maupun  perkembangan teknologi terkini. Dengan lebih dari 250 ribu orang  terdaftar sebagai pembaca blog ini (melalui Feedburner), komunikasi  antara perusahaan dan pelanggan terjalin dengan sangat baik.

4. Mendapatkan Relasi Baru
Sudah menjadi bawaannya bahwa manusia selalu mencari manusia lain yang memiliki ketertarikan sama. Buat blog tentang topik yang anda minati, dan pengunjung yang memiliki topik yang sama dengan anda pun akan mendatangi anda. Mereka bisa mengomentari post di blog anda dan bisa membalasnya. Terjadi conversation disana, dan membuka peluang untuk terjadinya hubungan.

5. Mendapatkan Penghasilan
Well, sudah banyak yang tahu kan? ada dua cara mendapatkan penghasilan dari internet:

a. Direct Income – Blog anda memang menjadi ‘sumber uang’ anda. Anda update konten dengan entri berkualitas, perbesar tingkat kunjungan visitor ke blog anda, lakukan monetisasi. Bisa dengan menjual spot banner (tapi sudah tidak terlalu efektif lagi rasanya), Service Pay-Per-Click, Pay-Per-Post, Paid-To-Review, buat review tentang produk yang diafiliasikan, atau mungkin langsung menjual produk di blog anda, dll.

b. Indirect Income – Blog anda gunakan sebagai media promosi bisnis anda dan diri anda. Visitor datang ke blog anda lalu terkesima dengan diri anda dan portofolio anda, kemudian mereka akan mengontak anda untuk deal bisnis selanjutnya.

6. Media Memberi, Media Sharing
Bagi  internal perusahaan, blog juga dapat dimanfaatkan sebagai sarana  komunikasi dan kolaborasi antar karyawannya. Setiap karyawan didorong  untuk menuliskan segala hal mengenai perusahaan, baik berupa usulan,  komentar, ide, saran maupun kekecewaan dalam blognya masing-masing. 

Terkadang kita hanya ingin berbagi apa yang kita ketahui, berbagi kebaikan, berbagi ilmu atau berbagi pengetahuan. Jika yang anda ingin share kepada orang lain bisa di fasilitasi dengan text, graphic, video, audio, presentasi, dll. Blog bisa memfasilitasi hasrat berbagi anda.

7. Public Relation Yang Lebih Humanis
Jika anda bertujuan mempromosikan bisnis atau korporasi – corporate blogging, salah satu karakteristik blog adalah personal point of view yang menjadikan blog lebih humanis sehingga pengunjung merasa lebih ‘nyaman’.




No comments:

Post a Comment

TERIMA KASIH ATAS KUNJUNGAN ANDA KE BLOG KAMI

BACKLINKS SPONSORED :

SERIBU KAWANbacklinkgratis4ufreebanner4uSERIBU KAWANbertaubatlahiklanseribuartissexy17freebacklinks4usatriopiningitkatamutiara4usehatwalafiahiniinfo4uFree Automatic Linkiklansahabat2billiontraffic4uiklanwargaechange de liensseribusayangDAHOAM Free Backlinksbloggratiss4usurgalokaSERBA SERBISENI LUKISTEMPLATE GRATISWARGA BISNISAGUS FAUZYUnlimited BacklinkFree Automatic LinkFree Automatic Link4905GOBLOGANEKA VIDEOFree BacklinksBacklink ExchangeCalendario BiblicoFree Automatic LinkDie Gute SaatFree Automatic LinkFree Automatic LinkFECEBLOG 4UIFree Automatic LinksangrajamayaIntercambio de enlacessurgawebEnlaces GratisFree Automatic LinkFree Automatic LinkFree Automatic LinkbabulfatahFree Automatic Elvira Linksbacklinkgratis4uFree Automatic LinkFree Automatic LinkBUSANA MUSLIMFree BacklinksUnlimited Backlink ExchangeseribukatamutiaraUnlimited Backlink ExchangeTradiciones Peruanas de Ricardo PalmaAutomatic Backlink ExchangeFree Automatic LinkPlugboard Free Backlink ExchangeMariachi Backlink ExchangeWeb Link ExchangemajelisrasulullahText Backlink ExchangesLinkon Bedava - Free BacklinkText Back Links Exchangebedava - Free Backlink - www.linkdevi.comText Back Links Exchangesbedava - Free Backlink - www.v8link.com